1. Rel Axle Housing, bagian ini dapat dikatakan sebagai tumpuan berat
muatan mobil, karena letaknya dibagian roda belakang, khususnya pada
mobil muatan atau minibus.
2. Gasket. Bagian yang digunakan untuk menghambat kebocoran oli
gardan bagian ini juga penting. Kalau bocor akan mengakibatkan pelumasan
pada gigi gardan tidak sempurna yang buntutnya kerusakan pada gigi
gardan
3. Differential Carrier. Gigi differential dipasang pada bagian ini.
Untuk penyetelan ulang atau penggantian gigi baru bagian ini delepaskan
dari differential housing.
4. Differential RIng gear dan drive pinion gear kit. Dinamakan kit
karena untuk memperbaiki differential cukup dengan mengganti bagian
bagian ini.
5. Bagian dari differentian carrier ini untuk memancing salah sisi dari bearing ring gear.
6. Kedua bearing yang mengancing drive shaft ini harus diganti kalau
waktu membongkar tampak ada titik titik hitam atau sudah berwarna
kehitaman.
7. Oil Seal yang terletak di bagian ujung dari differential housing
ini berfungsi mencegah agar oli tidak habis. Kalau ANda menemukan di
sekitar bagian ini ada basah akibat rembesan oli sebaiknya segera
mengganti seal baru.
8.Universal joint Flange ini adalah bagian yang meneruskan putaran
propeler shaft differential disamping itu ia juga berfungsi sebagai
penyumbat agar oli tidak keluar.
9. Differential pinion atau montir menyebutnya gigi satelit. Gigi ini
yang mengatur supaya pada saat mobil menikung kecepatan roda kiri dan
kanan bisa saling menyesuaikan diri.
10. Mur pengancing drive shaft ini sering kurang diperhatikan. Tidak
terlintas untuk memeriksa apakah masih terkancing dengan baik terutama
pada mobil muatan.
Sumber : http://www.artikelotomotif.com
Post a Comment