Menurut Ariawan Wijaya sang modifikator sekaligus pemilik bengkel Baru
Motor Sport (BMS) yang berada di Jalan Palmerah Barat, No.24, Jakarta
Barat, ada 4 hal yang harus diperhatikan sebelum memodifikasi moge.
"Dalam modifikasi motor 250 sampai 1.000 cc yang masuk ke kategory moge, banyak hal yang mesti dimengerti dan diperhatikan jangan asal," tegas pria ramah ini saat ditemui detikOto beberapa waktu lalu.
Pria yang akrab disapa Ari ini memang sudah dikenal oleh para pecinta modifikasi moge di Jakarta bahkan namanya harum hingga ke beberapa kota di Indonesia. BMS ini sendiri juga memang sudah tersohor dengan modifikasi yang selalu menggunakan limbah moge.
Menurut Ariawan, 4 hal yang harus diperhatikan sebelum memodifikasi moge. Apa saja? Yuk kita simak.
"Dalam modifikasi motor 250 sampai 1.000 cc yang masuk ke kategory moge, banyak hal yang mesti dimengerti dan diperhatikan jangan asal," tegas pria ramah ini saat ditemui detikOto beberapa waktu lalu.
Pria yang akrab disapa Ari ini memang sudah dikenal oleh para pecinta modifikasi moge di Jakarta bahkan namanya harum hingga ke beberapa kota di Indonesia. BMS ini sendiri juga memang sudah tersohor dengan modifikasi yang selalu menggunakan limbah moge.
Menurut Ariawan, 4 hal yang harus diperhatikan sebelum memodifikasi moge. Apa saja? Yuk kita simak.
1.Perhatikan perubahan di sektor kaki-kaki
Karena motor berkapasitas mesin cc besar rentan dengan tenaganya yang
besar jadi mesti pemasangan dan pemilihan bahan mesti berhati-hati.
"Shock depan adalah untuk tumpuan beban bagian depan, jadi mesti tau bebas yang dibutuhkan berapa," cetusnya sambil tersenyum.
Ari mencontohkannya pada motor Kawasaki Ninja 250 yang lebih cocok untuk shock depan (teleskopik or upsd) sekalas motor 600 cc, karena berat bebannya tidak berbeda jauh.
Selain itu karakter shock tiap unit motor berbeda. Jadi harus mencari informasi lebih dahulu sebelum dilakukan pemasangan. Begitu juga dengan sudut kemiringan segitiga shock. Hal ini sangat penting untuk suduk putar dan kenyamanan berkendara.
Ari mencontohkannya pada motor Kawasaki Ninja 250 yang lebih cocok untuk shock depan (teleskopik or upsd) sekalas motor 600 cc, karena berat bebannya tidak berbeda jauh.
Selain itu karakter shock tiap unit motor berbeda. Jadi harus mencari informasi lebih dahulu sebelum dilakukan pemasangan. Begitu juga dengan sudut kemiringan segitiga shock. Hal ini sangat penting untuk suduk putar dan kenyamanan berkendara.
2. Pelek
Dalam memodifikasi moge juga banyak dilakukan di sektor pergantian
pelek. Ingan jangan sembarangan dalam mengganti ukuran pelek. Perubahan
sektor pelek akan signifikan dari hasil performa motor.
"Seandainya pabrikan standarnya ukuran 3.5 inch, lalu diganti menjadi 5,5 atau 6 inch, otomatis berat bebannya bertambah, dan mempengaruhi performanya,"
"Seandainya pabrikan standarnya ukuran 3.5 inch, lalu diganti menjadi 5,5 atau 6 inch, otomatis berat bebannya bertambah, dan mempengaruhi performanya,"
3. Swing Arm
Swing arm juga menjadi sektor yang selalu dimodifikasi karena berfungsi
sebagai tumpuan untuk kaki-kaki belakang, jadi. pemilihan arm sangat
penting.
"Ukuran lebar as tengah tiap motor berbeda, swing arm sendiri adalah untuk menjaga stabil atau tidaknya motor. Jadi pemilihan dan teknik pemasangan yang salah, akan mempengaruhi motor itu sendiri,"
"Ukuran lebar as tengah tiap motor berbeda, swing arm sendiri adalah untuk menjaga stabil atau tidaknya motor. Jadi pemilihan dan teknik pemasangan yang salah, akan mempengaruhi motor itu sendiri,"
4. Rangka
Untuk motor yang ingin diubah rangkanya, atau rangka custom, sangat dibutuhkan perhitungan yang cermat.
Hal ini dilakukan agar tidak asal dalam pemasangan dan perubahan rangka tanpa memperhitungkannya terlebih dulu.
"Rangka adalah tempat penumpu engine, jadi perhitungan sudut kemiringan mesin sangat dibutuhkan. Kalau tidak semuanya tidak akan presisi," tandasnya.
Nah Otolovers semua sebelum memodifikasi tunggangan Anda, ada baiknya memperhatikan 4 hal tadi agar Anda dan tunggangan Anda tidak menjadi korbannya. Semoga berhasil Otolovers.
"Rangka adalah tempat penumpu engine, jadi perhitungan sudut kemiringan mesin sangat dibutuhkan. Kalau tidak semuanya tidak akan presisi," tandasnya.
Nah Otolovers semua sebelum memodifikasi tunggangan Anda, ada baiknya memperhatikan 4 hal tadi agar Anda dan tunggangan Anda tidak menjadi korbannya. Semoga berhasil Otolovers.
Sumber : www.detik.com
http://oto.detik.com/read/2013/02/06/112303/2162480/1214/perhatikan-4-hal-berikut-ini-sebelum-memodifikasi-moge?
Post a Comment